Selasa, 12 Agustus 2008

Psikologi Kesehatan

Psikologi Kesehatan di Indonesia memang belum populer. Banyak orang dikacaukan dengan definisi dan istilah yang digunakan.

Menurut Maddux, Roberts, Sladden dan Wright, 1986 dalam Taylor,2006.:"Health Psychology is concerned with all aspects of health and illness across the life span". Seorang health psychologist fokus kepada health promotion and maintenance.
Termasuk pula bagaimana membuat seorang anak tumbuh dengan memiliki perilaku kesehatan yang baik, bagaimana mempromosikan olah raga untuk menjaga kesehatan, bagaimana merancang media untuk mengkampanyekan pola makan sehat bagi seseorang.
Psikologi Kesehatan juga memelajari aspek aspek psikologis untuk prevention dan treatment dari suatu penyakit.
Psikologi Kesehatan juga memberikan petunjuk mengatasi stres bagi seorang yang menghadapi tekanan dalam pekerjaannya.
Seorang psikologi kesehatan dapat bekerja diantara orang yang sedang sakit untuk mengatasi problem psikologis mereka dalam menghadapi penyakitnya atau menghadapi problem pengobatan penyakitnya.
Psikologi Kesehatan juga fokus pada etiologi dan sumber penyakit, penyakit dan disfungsi yang diakibatkan karena suatu penyakit.
Etiologi suatu penyakit berhubungan dengan penyebab dari suatu penyakit, baik secara organis, perilaku ataupun sosial.
Psikologi Kesehatan juga melakukan analisa dan menyediakan the health care system and the formulation of health policy (Taylor,2006)

Tidak ada komentar: