Selasa, 12 Agustus 2008

Naik gunung gede

Gunung itu masih seperti dulu, walaupun aku lupa kapan terakhir aku menapakinya. Yang paling teringat adalah jalan setapak menuju puncak Pangrango, karena baru satu bulan yang lalu aku mencapainya.
Setiap aku mendaki, selalu ada yang dapat aku pelajari, terutama terhadap proses bagaimana mencapai puncaknya. Dalam usiaku yang separuh abad ini, aku sangat bersyukur masih diberi kekuatan untuk dapat menapaki jalan menanjak ini, dan juga jalan turun tentunya.
Aku sangat beruntung memiliki teman-teman yang memiliki kesenangan yang sama untuk terus mendaki.
Dalam upaya menjaga kebersihan dan menjaga kebakaran hutan, dalam bulan Agustus ini Balai Besar Taman Nasional Gede- Pangrango mengadakan operasi bersih gunung dan menutup pendakian untuk umum. Dalam rangka itu pula aku dan teman-teman yang tergabung Expa, yaitu komunitas ex pecinta alam smandel turut berpartispasi.
Menurut kepala Balai Besar TNGP Bapak Bambang, dalam musim kemarau ini telah beberapa taman nasional yang terbakar. Tidak dapat dibayangkan apabila TNGP ini mengalami kebakaran. Dengan kondisi medan serta peralatan yang ada pada saat ini, hampir mustahil kita dapat mengatasi kebakaran hutan apabila hal itu terjadi.

Tidak ada komentar: